Jumat, 08 Maret 2013

pemanfaatan multimedia



Pemanfaatan multimedia memiliki tujuan-tujuan dasar sebagai berikut,

Meningkatkan efektifitas penyampaian informasi
Mendorong partisipasi, eksploitasi dan interaksi pemakai
Merancang panca indra, karena bersifat visual
Memberikan kemudahan pemakaian.


Pemanfaatan Multimedia
Multimedia dapat ditempatkan dimana saja selama masyarakat membutuhkan akses ke sumber informasi elektronik. Multimedia mengubah sajian tradisional komputer yang berupa teks, menjadi suatu media yang menarik perhatian dan keingintahuan. Penerimaan informasi menjadi semakin baik, dan jika disusun secara baik, multimedia juga bisa menjadi amat menghibur.
Multimedia juga menjembatani dan menjangkau masyarakat yang sedikit alergi terhadap bentuk penyampaian standard komputer kedalam bentuk yang lebih mudah dapat diterima dan mudah digunakan. Pada bagian ini dijelaskan penggunaan multimedia didalam lingkup rumah tangga, pendidikan, tempat umum dan lingkup usaha / bisnis.


Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan dapat dilaksanakan dalam berbagai bentuk susuai dengan fungsinya dalam pendidikan. Fungsi teknologi informasi dan Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan sudah menjadi keharusan yang tidak dapat ditunda-tunda lagi. Berbagai aplikasi teknologi informasi dan komunikasi sudah tersedia dalam masyarakat dan sudah siap menanti untuk dimanfaatkan secara optimal untuk keperluan pendidikan. Pada kondisi riil, teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan nantinya berfungsi sebagai gudang ilmu, alat bantu pembelajaran, fasilitas pendidikan, standar kompetensi, penunjang administrasi, alat bantu manajemen sekolah, dan sebagai infrastruktur pendidikan


pemanfaatan multimedia untuk pengajaran sains. Sekalipun demikian ada hal penting yang mesti kita antisipasi yakni : munculnya miskonsepsi dan menurunnya motivasi pada praktikum yang sessungguhnya. Di dalam multimedia animasi dan simulasi hanyalah suatu tiruan dari keadaan yang sebenarnya. Tiruan ini bagaimanapun juga tidak akan mampu mendekati keadaan yang sesungguhnya. Keadaan tiruan inilah yang memunculkan miskonsepsi. Sebagai contoh animasi yang menunjukkan kerja suatu rangkaian tegangan bolak balik yang dihadirkan dengan gelombang berbentuk grafik sinus dapat saja menimbulkan miskonsepsi bagi siswa bahwa elektron bergerak naik turun sperti halnya gerak gelombang sinus.


Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer.
Dengan komputer, narigasi kapal laut  bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.


Periklanan
        Periklanan tidak akan menarik perhatian jika tidak adanya multimedia, karena dengan menggunakan multimedia, iklan akan terlihat sangat menarik untuk diperhatikan dan akan menarik banyak konsumen yang melihatnya, dengan menggunakan suara, gambar, video, animasi dan teks yang canggih akan menambah nilai lebih dari suatu iklan. Contoh pemanfaatan multimedia pada iklan yaitu, iklan televis, bandara, dan lain lain.


Medical
Pada dunia kedokteran multimedia mempunyai peranan sangat penting dan membantu para dokter untuk menentukan penyakit dan mendiagnosanya, Contoh pemanfaatan multimedia pada kedokteran yaitu, X-Ray Scanner. Selain itu dapat mempermudah Dokter dan perawat dalam memonitor kesehatan pasien contohnya seperti memonitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah dan memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X.


Elemen Multimedia
Penggunaan tools berupa software (perangkat lunak) untuk menggabungkan gambar, teks, video, suara, dan animasi sehingga menimbulkan interaksi antara user (pemakai) dan aplikasi merupakan pengertian dari multimedia. Integrasi dari berbagai macam multimedia (misal gambar, teks, video, suara dan animasi) secara bersama-sama memperkuat sebuah penyampaian pesan kepada user. Multimedia yang sesuai dengan kebutuhan user menginginkan adanya interaksi. Interaksi multimedia yang bertujuan multimedia dapat memuaskan kebutuhan user dalam pemanfaatannya. Pemanfaatan tersebut dapat dilakukan di berbagai bidang seperti pendidikan, informasi, hiburan, bisnis, pariwisata dan lain-lain
Untuk menyampaikan pesan-pesan dari berbagai bidang yang disebutkan di atas, dimanfaatkanlah multimedia sebagai alatnya. Dengan multimedia-lah, pemanfaatan berbagai media untuk menyampaikan pesan agar lebih efektif dan efisien.


Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar Sains khususnya materi `alat peredaran darah manusia` pada siswa kelas V SDN Pakisaji 02 Malang. Dari angket yang diberikan kepada siswa, siswa mengakui bahwa mereka sangat menyukai pembelajaran dengan menggunakan multimedia, siswa selalu memperhatikan tayangan materi, dan lebih memahami materi `alat peredaran darah manusia`


PEMANFAATAN MULTIMEDIA SEBAGAI ALAT PROMOSI PERUSAHAAN
Penyajian suatu informasi akan lebih menarik apabila ditampilkan dalam suatu media yang dapat menggabungkan berbagai bentuk informasi yang ada. Salah satu pemanfaatan kemajuan teknologi dalam bidang informasi khususnya komputer adalah Multimedia. Multimedia dewasa ini merupakan salah satu alat penyampaian informasi dalam bentuk gambar, animasi, teks, suara atau video, yang mudah dicerna oleh siapa saja. Multimedia berasal dari kata Multi yang berarti banyak, dan Media yang berarti sarana atau piranti untuk berkomunikasi. Jadi Multimedia adalah sarana atau piranti komunikasi melalui lebih dari satu media komonikasi yang berbasis komputer untuk menyampaikan suatu Sistem informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar